PRIVACY POLICY

PENGANTAR

Kebijakan Privasi atau Pemberitahuan Privasi (“Pemberitahuan Privasi”) ini mulai berlaku sejak tanggal 17 Mei 2024.

Pemberitahuan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana kami, PT United Tractors Tbk (selanjutnya disebut “Perseroan” atau “Kami”) memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, menguasai, menggunakan, mengolah, menganalisa, memperbaiki, melakukan pembaruan, menampilkan, mengumumkan, mentransfer, mengungkapkan dan melindungi data pribadi Anda (“Memproses Data Pribadi” atau melakukan “Pemrosesan Data Pribadi”) yang meliputi antara lain nama, pekerjaan, nama perusahaan, alamat surat elektronik, nomor telepon dan informasi lain yang Kami uraikan dalam bagian Ringkasan dan Rincian dari Pemberitahuan Privasi ini (“Data Pribadi”) yang Anda berikan ketika Anda menggunakan situs Kami, serta data-data yang terkait dengan transaksi dan/atau aktivitas yang Anda lakukan dengan menggunakan Layanan Kami (“Data Transaksi”). Pemberitahuan Privasi ini berlaku untuk semua pengguna website, aplikasi, dan/atau layanan yang Kami sediakan (termasuk https://www.unitedtractors.com dan situs web turunannya) yang Kami sediakan (“Layanan Kami”), kecuali diatur pada pemberitahuan privasi dan/atau kebijakan privasi yang terpisah.

Harap untuk membaca Pemberitahuan Privasi ini secara menyeluruh untuk memastikan bahwa Anda memahami praktik pelindungan Data Pribadi yang Kami lakukan. Kami ingin membuat Pemberitahuan Privasi ini mudah dimengerti, jadi Kami menjelaskan lebih lanjut mengenai hal-hal penting dari Pemberitahuan Privasi ini di bagian Ringkasan di bawah.

Pengakuan dan Persetujuan

Dengan menyetujui Pemberitahuan Privasi ini, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca dan memahami Pemberitahuan Privasi ini serta menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, Anda sepakat dan memberikan persetujuan kepada Kami untuk menyerahkan Data Pribadi Anda guna Kami Memproses Data Pribadi Anda sesuai dengan Pemberitahuan Privasi ini.

Jika Anda menyediakan kepada Kami Data Pribadi Anda yang berkaitan dengan individu lain (seperti Data Pribadi yang berkaitan dengan pasangan Anda, anggota keluarga, teman, atau pihak lain), maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut, untuk Pemrosesan Data Pribadi mereka oleh Kami. Kami dapat meminta bukti dari persetujuan tersebut kepada Anda setiap saat. Berdasarkan pernyataan dan jaminan tersebut, Anda setuju untuk melindungi Kami dari setiap dan seluruh tanggung jawab hukum.

Anda dapat menarik persetujuan Anda untuk setiap atau segala Pemrosesan Data Pribadi Anda kapan saja dengan: (1) memberikan kepada Kami pemberitahuan yang wajar secara tertulis menggunakan rincian kontak yang disebutkan di bawah ini, (2) melalui fasilitas "opt-out", (3) pilihan "berhenti berlangganan" yang tersedia dalam pesan yang Kami kirimkan, atau (4) menggunakan opsi yang tersedia pada tiap-tiap media komunikasi yang Kami gunakan untuk menghubungi Anda. Anda harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan tersebut, Anda mungkin tidak lagi dapat menggunakan Layanan Kami. Penarikan persetujuan Anda dapat mengakibatkan penghentian Layanan Kami, penghapusan akun atau pengakhiran hubungan kontraktual Anda dengan Kami, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul tetap dipenuhi sepenuhnya. Setelah menerima penarikan persetujuan dari Anda, Kami akan menginformasikan Anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari penarikan tersebut sehingga Anda dapat memutuskan apakah Anda tetap ingin menarik persetujuan.

RINGKASAN

Data apa yang Kami kumpulkan tentang Anda?

Kami mengumpulkan Data Pribadi saat Anda menggunakan Layanan Kami, termasuk data identitas, data kontak, data catatan (log) dan/atau data lokasi. Kami juga mengumpulkan data perangkat dan teknis dari Anda, dan data lain yang mungkin Anda sampaikan atau kirimkan saat Anda menggunakan Layanan Kami. Jika Anda memilih untuk tidak menyediakan data tersebut, Kami mungkin tidak dapat menyediakan layanan kepada Anda secara normal.

Berapa lama Kami memproses data Anda?

Kami memproses data Anda selama Anda memanfaatkan Layanan Kami dan Anda memberikan persetujuan yang diperlukan untuk memenuhi tujuan perolehan dan pengumpulannya, atau sebagaimana diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait pelindungan Data Pribadi yang berlaku di Indonesia (“Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku”).

Bagaimana Anda bisa melaksanakan hak Anda atas Data Pribadi Anda?

Anda mungkin memiliki berbagai hak sehubungan dengan Data Pribadi Anda berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Jika Anda ingin mengajukan permohonan pelaksanaan hak Anda, Anda dapat mengajukan permohonan kepada Kami, termasuk permohonan penghapusan data dengan menghubungi layanan di bagian Hubungi Kami.

Hubungi Kami

Dalam hal Anda memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Pemberitahuan Privasi ini atau Anda ingin melakukan perubahan dan/atau pembaruan terhadap setiap Data Pribadi yang Anda serahkan kepada Kami, silakan hubungi layanan Perseroan melalui surat elektronik ke corcomm@unitedtractors.com.

Bagaimana Kami akan memberitahukan Anda terkait perubahan?

Kami dapat mengubah Pemberitahuan Privasi ini dari waktu ke waktu dan Kami dapat memberitahu Anda tentang versi yang diperbarui melalui Layanan Kami atau surat elektronik Anda yang terdaftar pada Kami (sebagaimana relevan). Silakan periksa kembali secara berkala untuk melihat pembaruan atau perubahan apapun pada Pemberitahuan Privasi ini.

Penjelasan lebih lanjut tentang Ringkasan di atas dapat dibaca pada bagian Rincian di bawah ini.

 

RINCIAN

DATA PRIBADI YANG KAMI KUMPULKAN

Data Pribadi adalah data yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan seseorang atau perangkat yang digunakan yang terhubung dengan data tersebut. Data Pribadi terdiri dari namun tidak terbatas pada nama, alamat, tanggal lahir, nomor telefon, alamat surat elektronik, kartu identitas yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia atau dokumen identitas lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah  atau otoritas yang berwenang, data terkait keuangan dan/atau data lainnya yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang baik pada saat data tersebut digunakan secara tersendiri maupun saat dikombinasikan dengan informasi lainnya sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

Data Pribadi yang Kami kumpulkan bergantung pada jenis layanan yang digunakan atau transaksi yang dilakukan oleh Anda, karyawan, atau pemilik data pribadi lainnya yang memasukkan data pribadinya pada Layanan Kami.

Perseroan dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi yang terdiri dari aktivitas pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, pembuatan analisis berdasarkan data tersebut, pentransferan data, pengembangan aplikasi maupun penghapusan dan pemusnahan data pribadi, selama hal tersebut tidak bertentangan dengan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku dan memenuhi ketentuan dasar pemrosesan data pribadi sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Saat Anda menggunakan Layanan Kami, Anda memberikan persetujuan dengan (i) mencentang pop-up message terkait pemberian persetujuan Penggunaan Data Pribadi yang tertera dalam laman Perseroan, (ii) memilih bagaimana penggunaan Data Pribadi dapat dilakukan, dan apakah Anda yang dalam hal ini menggunakan Layanan Kami memberikan persetujuan untuk menerima iklan promosi, (iii) atau persetujuan yang diberikan oleh Anda saat Anda memasukkan Data Pribadi dalam pembuatan akun maupun saat terdapat penggunaan Layanan Kami tertentu. Adapun Data Pribadi yang diproses oleh Perseroan dikelompokkan kembali menjadi sebagai berikut:

  • Data Pribadi terkait Anda

    1. Identitas Anda yang terdiri dari antara lain, nama, alamat tempat tinggal, setiap data yang tersedia pada Kartu Tanda Penduduk, kata sandi, nomor telepon, alamat surat elektronik, jabatan, identitas terkait perpajakan, dan/atau informasi lain yang dapat menunjukan identitas diri Anda.
    2. Data keuangan yang terdiri antara lain atas (i) nomor rekening dari Anda, (ii) nomor kartu kredit, bank yang menerbitkan kartu kredit, nomor identifikasi, kode verifikasi kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, credit scoring dan riwayat keuangan Anda dalam hal pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit, (iii) dalam hal pembayaran dilakukan menggunakan fasilitas pembiayaan yang dimiliki oleh Anda dan Pihak ketiga, maka terdapat data tambahan yang diperlukan berupa salinan perjanjian pembiayaan antara Anda dan pihak ketiga, dan/atau data keuangan lain yang relevan sebagaimana diperlukan untuk memastikan pembayaran dilakukan.
    3. Data pembayaran meliputi bukti pembayaran yang dilakukan oleh Anda pada Layanan Kami, yang juga akan mencakup informasi mengenai metode yang dipilih untuk melakukan pembayaran, rincian tagihan, rincian faktur, dan/atau data lain yang relevan yang diperlukan untuk mengonfirmasi pembayaran.
    4. Data teknis yang terdiri dari (i) IP Address yang digunakan oleh Anda saat mengakses Layanan Kami, (ii) history penggunaan Layanan Kami, (iii) produk yang sering diakses, dan (iv) durasi yang digunakan oleh masing-masing Anda dalam mengakses Layanan Kami, (v) data terkait penggunaan perangkat yang digunakan untuk mengakses Layanan Kami, (vi) cookies yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi aktivitas Anda pada Layanan Kami, maupun data lainnya yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang relevan terkait produk yang diinginkan dan/atau informasi yang telah dipersonalisasikan sesuai kebutuhan Anda.
    5. Informasi mengenai lokasi termasuk pada lokasi terdekat pengiriman produk dan/atau jasa Kami, dan/atau geolocation yang ditangkap oleh Layanan Kami.
  • Data Pribadi Karyawan Perseroan (jika Anda merupakan karyawan Perseroan)

    1. Identitas Anda yang terdiri dari nama, alamat tempat tinggal, setiap data yang tersedia pada Kartu Tanda Penduduk, kata sandi, nomor telepon, alamat surat elektronik, nomor identitas karyawan, jabatan, identitas terkait perpajakan, dan/atau informasi lain yang dapat menunjukan identitas diri Anda.
    2. Data keuangan yang terdiri dari antara lain nomor rekening Anda dan/atau data keuangan lain yang relevan sebagaimana diperlukan Perseroan dalam hubungan kerja dengan Anda sebagai karyawan Perseroan.
    3. Data teknis yang terdiri dari (i) IP Address yang digunakan oleh Anda saat mengakses Layanan Kami, khususnya yang tersedia untuk karyawan Perseroan, (ii) history penggunaan Layanan Kami, (iii) durasi yang digunakan oleh masing-masing Anda dalam mengakses Layanan Kami, (iv) kehadiran Anda sebagai karyawan Perseroan, (v) data terkait penggunaan perangkat yang digunakan untuk mengakses Layanan Kami, dan/atau data teknis lainnya terkait penggunaan Layanan Kami oleh Anda sebagai karyawan Perseroan.
    4. Informasi mengenai lokasi Anda sebagai karyawan Perseroan yang didapatkan saat Anda menuliskan lokasi Anda ataupun yang dihasilkan oleh geolocation yang harus diaktifkan saat Anda mengakses Layanan Kami khusus untuk karyawan Perseroan.
    5. Informasi yang bersifat khusus seperti rekam medis, informasi kesehatan, data anak, data pasangan, informasi mengenai gaji, dan/atau data lainnya yang diperlukan Perseroan dalam hubungan kerja dengan Anda sebagai karyawan Perseroan.

Perseroan dapat mengkombinasikan Data Pribadi yang didapatkan untuk keperluan statistik, demografi, maupun dalam pengembangan Layanan Kami (selanjutnya disebut sebagai “Data yang Dikombinasi”). Data yang Dikombinasi pada dasarnya tidak akan mengungkapkan Data Pribadi. Perseroan akan tetap memastikan bahwa Data yang Dikombinasi tidak akan dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang, atau tidak dapat dikaitkan atau dihubungkan dengan siapapun.

Ketepatan dan Kelengkapan Data

Pada dasarnya Anda dapat menggunakan hak Anda untuk meminta perbaikan data dalam hal terdapat data pribadinya yang keliru, di sisi lain Perseroan juga harus memastikan bahwa Data Pribadi yang disediakan oleh Anda merupakan data yang benar dan juga lengkap. Oleh karena itu, Anda wajib menyampaikan Data Pribadi kepada Kami secara benar dan lengkap. Dalam hal Anda gagal dan/atau lalai menyampaikan Data Pribadi secara lengkap dan benar, maka: (i) Anda tidak dapat memanfaatkan Layanan Kami secara maksimal, (ii) Anda tidak dapat mengakses dan/atau memanfaatkan Layanan Kami, atau (iii) Perseroan tidak bertanggung jawab atas kelalaian dan/atau kegagalan Anda dalam menyampaikan Data Pribadi secara lengkap dan benar. Untuk menghindari keragu-raguan, dalam hal terdapat Anda yang tidak melengkapi identitas sedangkan identitas diperlukan untuk melaksanakan perjanjian yang disepakati, terdapat kemungkinan bahwa Perseroan tidak dapat menyediakan layanan terkait.

Sumber Perolehan Data Pribadi

Perseroan melakukan perolehan Data Pribadi baik melalui (i) Anda secara langsung, (ii) diperoleh pada saat Anda mengakses Layanan Kami, dan (iii) informasi maupun data mengenai pihak ketiga yang diberikan oleh Anda...

 

PENGGUNAAN DATA PRIBADI

Bagaimana Kami menggunakan Data Pribadi Anda?

  1. Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Kami untuk dapat menggunakan Data Pribadi yang dikumpulkan untuk tujuan sebagai berikut maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada ("Tujuan"):
    • menanggapi pertanyaan, komentar atau keluhan;
    • berkomunikasi dengan Anda melalui berbagai media seperti notifikasi dalam Layanan Kami, surat elektronik, telepon, layanan pesan singkat (SMS), layanan percakapan (chatting) pesan singkat dalam aplikasi (in-app messaging/ push notifications), maupun media sosial;
    • pemasaran dan promosi produk dan/atau layanan yang Kami sediakan dan/atau perusahaan afiliasi Kami, termasuk pengumuman, materi promosi, ucapan salam, undangan untuk berpartisipasi dan hak-hak istimewa yang berasal dari perusahaan afiliasi Kami, mitra Kami, sponsor maupun pemasang iklan;
    • memproses partisipasi Anda dalam setiap kegiatan produksi, kontes, permainan, promosi, jajak pendapat maupun survey;
    • memahami dan menganalisis pola penggunaan dan penjualan produk dan/atau penyediaan layanan bagi kebutuhan dan/atau preferensi Anda;
    • mengembangkan, meningkatkan dan menyediakan produk dan/atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda;
    • melaksanakan hubungan hukum antara Anda dengan Kami; dan/atau
    • proses administrasi internal dan/atau kepatuhan terhadap hukum yang berlaku di Indonesia, seperti namun tidak terbatas pada pelaksanaan audit dan/atau terkait perpajakan.
  2. Kami berupaya secara wajar untuk melindungi setiap Data Pribadi dan/atau Data Transaksi Anda. Kami senantiasa berusaha meningkatkan standar perlindungan Layanan Kami. Adapun demikian, Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian yang timbul akibat rusaknya atau hilangnya Data Pribadi dan/atau Data Transaksi Anda yang terjadi di luar kendali Kami. Oleh karena itu, Kami sangat menyarankan agar Anda selalu memperbaharui data pada akun Anda dan perangkat lunak yang Anda pergunakan serta tidak mengungkapkan kata sandi akun Anda kepada pihak mana pun.

Bagaimana Kami mengungkapkan Data Pribadi Anda?

Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Kami bahwa untuk tujuan bisnis dan operasional maupun keperluan lain, Kami dapat melakukan kerja sama dengan pihak ketiga terkait pemanfaatan atas Data Pribadi dan/atau Data Transaksi Anda. Pihak ketiga tersebut termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. perusahaan riset dan pemasaran terkait promosi produk dan/atau layanan yang Kami sediakan;
  2. perusahaan penyedia layanan terkait teknologi informasi (termasuk layanan infrastruktur, komputasi awan (cloud computing), perangkat lunak, analisa big data dan machine learning, termasuk di dalamnya layanan data cleansing, data insight dan credit scoring);
  3. perusahaan penyedia jasa pemrosesan transaksi pembayaran yang meliputi penyelenggara payment gateway, transfer dana, dompet elektronik, uang elektronik dan penyelenggara jasa sistem pembayaran lainnya terkait transaksi yang dilakukan dalam Situs;
  4. perusahaan penyedia layanan lainnya maupun mitra Kami yang terkait dengan produk dan/atau layanan yang Kami sediakan (termasuk namun tidak terbatas pada perusahaan asuransi dan/atau perusahaan penyedia jasa kesehatan untuk layanan bagi karyawan Kami);
  5. penasihat profesional dan auditor eksternal, termasuk penasihat hukum, penasihat keuangan dan konsultan lainnya;
  6. otoritas pemerintah, baik di dalam maupun di luar yurisdiksi negara Republik Indonesia sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau
  7. pihak-pihak lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Ketika terdapat Data Pribadi yang tidak perlu dikaitkan dengan Anda, Kami akan melakukan upaya yang wajar untuk menghapus kaitan Data Pribadi tersebut dengan Anda sebagai individu sebelum mengungkapkan atau berbagi Data Pribadi tersebut.

 

MELINDUNGI DATA PRIBADI ANDA

Keamanan Data

Kami sangat menghargai Data Pribadi dan/atau Data Transaksi Anda dan berupaya secara wajar untuk melindungi setiap Data Pribadi dan/atau Data Transaksi. Kami senantiasa berusaha meningkatkan standar perlindungan Layanan Kami, namun demikian, Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian yang timbul akibat rusaknya atau hilangnya Data Pribadi dan/atau Data Transaksi Anda yang terjadi di luar kendali Kami. Oleh karena itu, Kami sangat menyarankan agar Anda selalu memperbaharui akun Anda dan perangkat lunak Anda serta tidak mengungkapkan kata sandi akun Situs anda kepada pihak manapun.

Anda dengan ini memberikan persetujuan secara tegas kepada Kami bahwa Kami dapat mengirimkan, menyimpan, menggunakan dan/atau mengolah Data Pribadi dan/atau Data Transaksi Anda pada server yang terletak di pusat data yang ditunjuk oleh Kami. Pusat data tersebut dapat dikelola oleh pihak ketiga dan/atau terletak di dalam dan/atau di luar wilayah negara Republik Indonesia. Meskipun demikian, pemanfaatan Data Pribadi dan/atau Data Transaksi Anda sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami akan terus diatur oleh Kebijakan Privasi ini sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

Kami berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi Anda. Kami menerapkan langkah-langkah teknis yang sepatutnya untuk membantu melindungi keamanan Data Pribadi Anda; namun, harap dipahami bahwa tidak ada sistem yang akan sepenuhnya aman.

Penyimpanan Data

Kami menyimpan Data Pribadi Anda untuk tujuan bisnis yang sah dan penting, seperti termasuk namun tidak terbatas pada menjaga Layanan Kami, membuat keputusan bisnis berdasarkan data dan/atau akses pada Layanan Kami dan Data Pribadi yang Kami peroleh dari Anda, mematuhi kewajiban hukum bagi Kami, dan/atau untuk menyelesaikan sengketa. Kami menyimpan sebagian dan/atau seluruh dari Data Pribadi dan/atau Data Transaksi selama paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, atau hingga terdapat permintaan khusus dari Anda untuk menghapusa Data Pribadi Anda.

Apabila Anda meminta, Kami akan menghapus Data Pribadi Anda agar data tersebut tidak lagi mengidentifikasi Anda, kecuali apabila Kami secara hukum diperbolehkan atau disyaratkan untuk menyimpan Data Pribadi tertentu atau menyimpan data dengan cara menganonimkan data atau menerapkan pseudonomisasi, termasuk namun tidak terbatas pada situasi berikut ini:

  1. apabila Kami perlu untuk menyimpan Data Pribadi untuk memenuhi kewajiban hukum bagi Kami, termasuk namun tidak terbatas pada kewajiban terkait pajak, pelaksanaan audit, dan/atau pelaksanaan hukum yang berlaku bagi Kami, Kami akan menyimpan Data Pribadi yang diperlukan selama jangka waktu yang disyaratkan oleh hukum yang berlaku; dan/atau
  2. apabila diperlukan untuk kepentingan bisnis Kami yang sah, seperti pencegahan tindak pidana pencucian uang, peningkatan layanan yang Kami sediakan (termasuk penjualan produk dan/atau jasa Kami, dan layanan Perseroan terhadap karyawan Perseroan) dan/atau untuk menjaga keamanan Data Pribadi.

Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Anda disimpan dan/atau dikuasai oleh pihak lain termasuk institusi pemerintah dengan cara tertentu. Dalam hal Kami membagikan Data Pribadi Anda kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Kami, Anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Anda oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut.

 

HAK ANDA SEBAGAI PENGGUNA

Hak Hukum Anda

Anda mungkin memiliki hak tertentu berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku untuk meminta kepada Kami terhadap akses kepada, koreksi dari dan/atau penghapusan terhadap Data Pribadi Anda yang berada dalam penguasaan dan/atau kendali Kami.

Kami dapat menolak permintaan Anda terhadap akses pada, koreksi dari dan/atau penghapusan terhadap, sebagian atau semua Data Pribadi Anda yang Kami kuasai dan/atau kendalikan jika diperbolehkan atau diperlukan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi atau menghapus adalah untuk alasan yang Kami anggap tidak relevan, tidak serius, mengada-ada, atau terindikasi terkait dengan tindakan pelanggaran syarat dan ketentuan atau pelanggaran hukum.

Sesuai Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, Kami memiliki hak untuk membebankan biaya administratif untuk setiap permintaan akses dan/atau koreksi.

 

CATATAN TAMBAHAN

Hukum yang Berlaku

Pemberitahuan Privasi ini diatur dan ditafsirkan menurut hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia dan setiap sengketa yang timbul dari Pemberitahuan Privasi ini akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Situs Web dan Layanan Lain

Layanan Kami dapat berisi tautan ke situs web yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Segala pemrosesan Data Pribadi pada situs web tersebut sepenuhnya dikendalikan oleh pihak ketiga dan berada di bawah pertanggungjawaban pihak ketiga. Jika Anda setuju untuk mengakses situs web yang dioperasikan oleh pihak ketiga tersebut, maka Anda tunduk pada syarat dan ketentuan serta pemberitahuan privasi dari situs web pihak ketiga. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab terhadap syarat dan ketentuan serta pemberitahuan privasi dari situs web pihak ketiga tersebut, dan Kami sarankan Anda untuk membaca syarat dan ketentuan dan pemberitahuan privasi dari situs web pihak ketiga tersebut untuk mengetahui bagaimana mereka mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Anda.

Iklan yang terdapat pada Layanan Kami atau Materi Pemasaran (sebagaimana didefinisikan di bawah) Kami berfungsi sebagai tautan ke situs web pengiklan dan dengan demikian segala data yang mereka kumpulkan berdasarkan akses Anda pada tautan itu akan dikumpulkan dan digunakan oleh pengiklan yang relevan sesuai dengan kebijakan privasi pengiklan tersebut.

Materi Pemasaran dan Promosi

Kami dan dan/atau pihak ketiga lainnya yang berhubungan dengan Kami untuk kepentingan kegiatan komersial dan/atau non-komersial dapat mengirimkan Anda pemasaran langsung, iklan, dan komunikasi promosi melalui aplikasi push-notification, pesan melalui Website dan Aplikasi, pos, platform chat, media sosial, dan email (“Materi Pemasaran”) jika Anda telah setuju untuk berlangganan milis Kami, dan/atau setuju untuk menerima Materi Pemasaran dan/atau promosi dari Kami. Anda dapat memilih untuk tidak menerima komunikasi pemasaran tersebut kapan saja dengan mengklik pilihan “berhenti berlangganan” yang ada dalam pesan yang bersangkutan, metode lain yang tersedia pada media promosi tersebut atau menghubungi Kami melalui detail kontak yang tercantum di bawah.

Mohon perhatikan bahwa jika Anda memilih untuk tidak menerima Materi Pemasaran, Kami masih dapat mengirimi Anda pesan-pesan non-promosi, seperti tanda terima atau data tentang akun Anda.

Pembaharuan Terhadap Pemberitahuan Privasi

Kami dapat meninjau kembali dan mengubah Pemberitahuan Privasi ini atas kebijakan Kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa Pemberitahuan Privasi ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan yang berlaku di Indonesia. Jika Kami memutuskan untuk mengubah Pemberitahuan Privasi ini, Kami dapat memberitahu Anda tentang perubahan tersebut melalui kanal resmi Kami (sebagaimana relevan). Anda setuju bahwa Anda bertanggung jawab untuk memeriksa Pemberitahuan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui data terbaru tentang pengolahan data dan praktik pelindungan data Kami, dan bahwa dengan Anda terus menggunakan Layanan Kami, berkomunikasi dengan Kami, atau mengakses dan menggunakan layanan setelah adanya perubahan apapun terhadap Pemberitahuan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap Pemberitahuan Privasi ini dan segala perubahannya.